Perencanaan Drainase Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo

Distrik Dekai yang terletak di Kabupaten Yahukimo merupakan daerah beriklim basah yang artinya sering terjadi hujan di wilayah tersebut. Air hujan yang turun ke wilayah ini akan mengganggu kegiatan beraktifitas masyarakat sehari-hari dikarenakan genangan air hujan apalagi jika debit air hujan yang sangat besar yang akan memungkinkan terjadinya banjir. Selain itu, genangan air yang berlebih juga dapat merusak infrastruktur berupa jalan raya dan tempat-tempat usaha masyarakat sekitar.

Berdasarkan hasil observasi di lapangan, didapati bahwa belum adanya saluran drainase yang tersedia di Distrik Dekai dan hanya terdapat galian tanah di sisi-sisi jalan raya sehingga air hujan yang turun ke wilayah ini akan menggenangi jalan raya dan daerah sekitarnya. Dengan bertambahnya jumlah penduduk yang menempati Distrik Dekai, maka volume sampah juga bertambah sehingga masyarakat akan membuang sampah sembarangan ke sungai-sungai yang ada. Bak sampah yang tersedia sangat jarang ditemui di daerah tersebut dan itu merupakan alasan masyarakat membuang sampah sembarangan ke sungai-sungai terdekat. Bahkan pernah terjadi banjir di pemukiman warga walaupun tidak semua daerah terkena dampak banjir. Dari fakta di atas, maka pentinglah perencanaan drainase itu di adakan. Metode analisis yang diterapkan meliputi analisis hidrologi yang bertujuan menghitung debit rencana dan analisa hidrolika untuk menghitung kapasitas debit saluran baru.

Dari hasil perhitungan analisis di atas, maka akan didapatkan desain saluran drainase yang berfungsi menampung air hujan secara optimal dan diharapkan agar di masa depan tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.