The Relationship between Service Quality and Consumer Loyalty: Exploring Results within Hofstede Culture Study

Latar belakang penulis untuk melakukan disertasi ini adalah ketertarikan penulis akan sektor restoran.

Ada dua tujuan utama yang ingin dicapai oleh penulis melalui disertasi ini. Tujuan pertama adalah untuk menentukan fitur utama dari kualitas layanan yang memiliki pengaruh signifikan dalam pembentukan loyalitas konsumen di industri restoran. Tujuan kedua adalah untuk mengetahui teori dan proses mengadaptasi fitur-fitur utama dari kualitas layanan yang berasal dari pasar Inggris (Eropa) untuk kemudian diterapkan ke pasar Indonesia melalui pendekatan perbedaan budaya dari Hofstede (2001).

Metode yang penulis gunakan dalam melakukan disertasi ini adalah penelitian pustaka yang berfokus pada tinjauan literatur sebagai pusat investigasi. Kemudian, hasil dari literatur yang penulis buat akan dieksplorasi menggunakan teori perbedaan budaya dari Hofstede (2001).

Proses desktop research yang penulis lakukan menghasilkan enam jenis fitur utama dari kualitas layanan yang memiliki pengaruh signifikan terhadap proses pembentukan loyalitas konsumen di industri restoran. Fitur utama terdiri dari citra restoran, perilaku staf, suasana restoran, kualitas yang dirasakan, kualitas makanan, dan harga.

Pada akhirnya, penulis dapat menerapkan teori perbedaan budaya dari Hofstede (2001) dengan cara adaptasi ke enam fitur utama kualitas layanan dengan karakteristik budaya konsumen yang berasal dari Indonesia.