Sliding Beam

Sliding Beam 

Pada pekerjaan erection box girder dengan dengan 2 buah deck pada pier tunggal, tidak dapat dilakukan erection pada posisi koordinat deck tersebut berada. hal ini akan berakibat kondisi unbalanced akibat beban gantry dan beban deck.

sehingga untuk mengakomodir kondisi ini dapat dilakukan erection box girder pada posisi as pier dan dilanjutkan dengan menggeser deck box girder tersebut dengan menggunakan sebuah alat yang disebut sliding beam.

sliding beam dibagi menjadi 2 bagian yaitu bagian besar dan bagian kecil. bagian besar diletakan dari as pier ke pedestal dan bagian kecil diletakan diantara pedestal. selanjutnya sliding beam ini akan di setting dan dilakukan grouting menggunakan material sika 215 new untuk mengisi celah antara top pier deng sliding beam. setelah mencapai compressive strenght 70% kuat tekan rancana atau 28 Mpa maka dapat dilanjutkan dengan slding span/deck

cara kerja sliding beam adalah setelah deck box girder di transfer ke span jack 500T sebanyak 4 buah pada sliding beam, maka dilanjutkan dengan menggeser deck box girder dengan jack horizontal push pull jack sampai pada koordinat yang telah ditentukan. selanjutnya dilakukan load transfer pada pedestal.