Inovasi - Beksiting Dengan Menggunakan Sistem Climbing

Pembuatan perancah sebagai penyangga bekisting berfungsi untuk mencegah terjadinya perubahan posisi bekisting dari posisi yang telah ditentukan yaitu penurunan lendutan, pemekaran bentuk, kemiringan dan lain – lain selama dan setelah pengecoran beton selesai dikerjakan. Bendungan Margatiga memiliki struktur dinding yang tinggi mencapai 22 meter (11 segmen pengecoran), jika menggunakan perancah biasa akan memerlukan waktu yang lebih lama, maka dari itu digunakanlah perancah gantung (climbing) sebagai pengganti perancah konvensional. 

Inovasi - Circle Balanced Cantilever

Perubahan desain dari desain awal jembatan 2 trase terpisah menjadi desain box girder satu bagian struktur. Traveler yang digunakan sebelumnya 4x2 set menjadi 3x2 set sehingga biaya alat bisa lebih efisien. (Proyek design & build).

Inovasi - Grouting Main Dam Metode Grout Cap

Grout Cap atau Concrete Pad adalah landasan beton permanen yang diperlukan secara khusus untuk mempermudah dalam pelaksanaan pekerjaan grouting.Pada prinsipnya perlu/tidaknya Grout Cap tergantung kondisi pondasi setelah digali. Apabila batuan pondasinya relatif fresh, kuat dan keras, maka pelaksanaan grouting dapat di lakukan langsung pada batuan pondasi. Tetapi karena pertimbangan untuk kemudahan pelaksanaan grouting, menghindari pekerjaan slash grout yang terlalu banyak, dan sebagainya maka dapat dipertimbangkan perlunya pemasangan Grout Cap/Concrete Pad

Inovasi - Metode Kerja Beton Barrier Menggunakan Alat Gomaco

Pekerjaan pengecoran dengan menggunakan Concrete Barrier Machine untuk menghasilkan mutu beton barrier yang sesuai dengan harapan pelanggan.

Inovasi - Pemanfaatan Material Area Genangan Sebagai Langkah Improvisasi Terhadap Spesifikasi Material Timbunan Main Dam

Dalam kontrak, pengambilan material Rockfill zona 4 dan Rip-rap zona 5 terdapat di luar area Proyek dengan jarak kurang lebih 8.3 km. Jarak pengambilan yang relatif jauh dari lokasi yang akan ditimbun akan mengakibatkan dampak sosial, maka kontraktor mencari alternatif quarry dari dalam area genangan. Dari hasil penyelidikan di lapangan, diperoleh deposit material batu Zona 4 dan rip rap di quarry dengan jarak 1,5 – 3,0 km mencukupi kebutuhan volume.

Inovasi 2020 - Lapis Perkerasan Jalan Menggunakan Difa Soil Stabilizer

Perencanaan suatu perkerasan jalan sangat ditentukan oleh kondisi tanah dasar. Dinas Pekerjaan umum mensyaratkan bahwa California Bearing Ratio (CBR) dari suatu tanah dasar minimal 6%. Permasalahan sering terjadi saat musim hujan dengan kondisi basah dimana CBR turun drastis sehingga praktis tidak lagi dapat dilewati. Perkerasan dengan DIFA SS akan menjadikan tanah bermasalah saat musim hujan dapat tetap solid untuk digunakan.                          

Inovasi 2020 - Perubahan Lapisan Puddle Clay Menjadi Concrete Backfill Pada Apron Pelimpah

Bahan campuran terkait dengan kapur tohor atau gamping aktif untuk lapisan pudle clay tidak dijumpai dan tidak tersedia di lokasi Bendungan Margatiga maupun sekitarnya di Kabupaten Lampung Timur, sehingga tidak memungkinkan perbaikan tanah dengan pudle clay. Inovasi yang dilakukan adalah mengganti soil improvement dari pudle clay menjadi concrete backfill. Istilah concrete backfill sebagai perbaikan tanah (soil improvement) untuk peningkatan daya dukung pondasi lebih cenderung sebagai lean concrete.